Sabtu, 16 Juni 2012

Ini yang Bikin Orang Gemuk Gampang Ngorok

img

Mengorok saat sedang tidur bisa dialami oleh siapa saja. Tapi umumnya orang yang bertubuh gemuk lebih rentan mengalami ngorok atau mendengkur ketika tidur. Kenapa bisa begitu?

Ada banyak penyebab orang mendengkur saat tidur, bisa akibat masalah sepele tapi kadang juga menjadi indikasi masalah kesehatan yang serius. Diperkirakan hampir setengah dari orang dewasa mendengkur.



Mendengkur atau ngorok ini disebabkan oleh bagian tenggorokan yang menyempit dan udara yang akan lewat atau masuk berlebihan, seperti dikutip dari Mayoclinic, Sabtu (16/6/2012).

Salah satu penyebab paling sering orang mengorok adalah akibat obesitas dan kegemukan. Pada orang gemuk jaringan yang berlebihan bisa menyempitkan bagian tenggorokan sehingga ngorok lebih mungkin terjadi.

Selain itu orang gemuk cenderung memiliki lemak tubuh yang terlalu banyak, dan beberapa lemak ini terkumpul di bagian tubuh tertentu seperti di leher dan juga daerah tenggorokan.

Lemak yang ada di leher dan tenggorokan akan menyempitkan saluran udara sehingga sulit untuk mengatur napas. Ketika seseorang berbaring, posisi tubuhnya akan makin mempersempit saluran udara, sehingga mendengkur jadi bagian dari tubuh karena berusaha mengambil oksigen.

Serta peningkatan lemak juga mempengaruhi jaringan otot yang baik menjadi kehilangan massa otot dan jaringan di tenggorokan menjadi kendur sehingga lebih mudah untuk mendengkur.

Jika murni akibat kegemukan biasanya dengan menurunkan berat badan seringkali bisa memperbaiki masalah. Tapi jika obesitas sudah dikombinasikan dengan penyebab lain, maka diperlukan penanganan lebih lanjut.

Terkadang orang yang mendengkur juga bisa menderita sleep apnea yang mengacu pada terganggunya pernapasan selama 10 detik atau lebih. Sleep apnea bisa terjadi beberapa kali dalam waktu semalam serta mengganggu kualitas tidur normal.

Beberapa hal bisa menjadi petunjuk bahwa mendengkur yang dialami lebih dari sekedar gangguan tidur biasa yaitu merasa mengantuk sepanjang siang hari, sering buang air kecil ketika malam hari atau sakit kepala saat pagi hari.

Archives

Facebook