Sabtu, 16 Juni 2012

Ceko ke Perempatfinal Seraya Bikin Rekor Baru



Republik Ceko maju ke perempatfinal Piala Eropa 2012 sebagai juara Grup A. Predikat tersebut ikut menghadirkan rekor baru di perhelatan Piala Eropa.

Di laga terakhirnya di fase grup, Minggu (17/6/2012) dinihari WIB, Republik Ceko menundukkan tuan rumah Polandia 1-0. Dengan hasil tersebut maka Republik Ceko mengoleksi 6 poin dari 3 laga dan berhak lolos sebagai juara grup.

Yang unik, predikat juara grup itu disandang Republik Ceko yang notabene memiliki selisih gol negatif; mencetak 4 gol dan kemasukan 5 gol (-1). Ini baru terjadi untuk kali pertama di Euro.

Berikut data dan fakta seputar pertandingan Republik Ceko lawan Polandia seperti dicatat Infostradalive.

- Republik Ceko menjuarai Grup A dan kini akan menghadapi runner-up Grup B di laga perempatfinal di Warsawa pada 21 Juni.

- Republik Ceko menjadi tim pertama dalam sejarah Piala Eropa yang menjuarai grupnya dengan selisih gol negatif. Tiga tim lain (Republik Ceko 1996, Belanda 1996, Italia 2008) juga lolos dari grupnya dengan selisih gol negatif, tetapi ketiganya menjadi runner-up.

- Di Piala Dunia, ada satu tim yang juga menjuarai grupnya dengan selisih gol negatif: Kamerun pada tahun 1990.

- Petr Jiracek mencetak satu-satunya gol dalam pertandingan ini. Itu merupakan gol kelima dari pemain asal klub VfL Wolfsburg di Euro 2012, jumlah terbanyak sejauh ini.

- Republik Ceko bangkit setelah kalah di laga pembuka (1-4 lawan Rusia) untuk mencapai babak selanjutnya. Empat tahun lalu mereka memenangi laga pembuka (1-0) lawan Swiss, tapi tersingkir di fase grup.

- Swiss dan Austria sama-sama tersingkir di fase grup Piala Eropa empat tahun lalu, bergabung dengan Belgia (2000) sebagai tuan rumah yang kandas di fase grup. Polandia kini juga bergabung dengan kelompok itu, dengan Ukraina juga masih memiliki peluang tersebut.

- Polandia masih belum bisa meraih kemenangan di Piala Eropa setelah menjalani enam laga di ajang tersebut. Rentetan terpanjang dalam mencari kemenangan pertama dicatatkan Swiss dan Rumania yang sama-sama butuh sembilan laga.

- Tak ada pemain Republik Ceko yang terkena larangan bermain untuk partai perempatfinal nanti.

Archives

Facebook