Sabtu, 16 Juni 2012

Belalang Sembah Betina Memakan Partnernya Selama Melakukan Seks




Bayangkan jika setiap kali Anda bercinta dengan pasangan Anda, ternyata Anda sedang bermain dadu dengan kematian. Mungkin saja Anda akan waspada untuk melakukannya lagi (jika Anda selamat, tentu saja!). Hal ini tidak berlaku bagi belalang sembah jantan yang tidak bisa yakin apakah mereka akan bertahan selama proses kopulasi mengetahui bahwa partnernya mempunyai insting predator alami. Kanibalisme seksual adalah fenomena alami dimana salah satu organisme (biasanya yang betina, berukuran lebih besar) memakan pasangannya (biasanya jantan), selama atau pas setelah bercinta.

Berbeda dengan mamalia, serangga bisa bertahan hidup beberapa waktu walaupun kehilangan kepalanya. Oleh karena itu, tidak mengherankan apabila belalang sembah jantan tanpa kepala bisa terus menggauli betinanya. Bahkan, setelah selesai kawin, belalang jantan tanpa kepala tersebut tetap berusaha kabur dari si betina

Belalang sembah memang terkenal dengan sifat kanibalismenya saat proses kawin. Tapi praktek tersebut tidak berlaku pada semua spesies belalang sembah. Ada spesies belalang sembah dari Mediterania yang betinanya tidak berusaha memakan si jantan, selain itu banyak juga spesies belalang sembah di tropis yang juga tidak mempraktekan kanibalisme terhadap pasangan tersebut.



Archives

Facebook