Rabu, 13 Juni 2012

Tarsius tumpara, Primata Imut asli INDONESIA yang sangat terancam punah


Bukan hanya KOMODO atau Bekantan, hewan yang hanya ada di Indonesia, Tarsius Tumpara, Primata imut nan Mungil ini juga salah satu hewan yang hanya Berkebangsaan Indonesia. Namun, tak seperti Komodo, hewan ini sangat rapuh hisupnya, sampai-sampai digolongkan dalam kategori sangat terancam punah.

Spesies ini hanya ditemukan di Pulau Siau - Sulawesi (Indonesia), meskipun ada kemungkinan bahwa mereka juga hadir pada beberapa pulau yang sangat kecil yang berada di dekat Siau dan hanya dipisahkan oleh laut dangkal.


Kingdom : Animalia

Divisi : Cordata

Kelas : Mamalia

Ordo : Kera

Family : Tarsiidae

Nama Umum : Bahasa Inggris - Siau Island Tarsier


Terdaftar sebagai sangat terancam punah karena sudah ada pengurangan dalam jumlah populasi diperkirakan minimal 80% selama tiga generasi terakhir, berdasarkan tingkat sebenarnya dari eksploitasi dan pengamatan langsung oleh masyarakat lokal yang tinggal di dekat dengan tarsius, bersama dengan penyempitan daerah hunian (mungkin sesedikit 19,4 km ²) dan penurunan kualitas habitat di Pulau Siau, bersama dengan dua pulau kecil di sebelahnya. Jumlahnya kurang dari 1.000 ekor. Masuk dalam daftar pada edisi 2006 dan 2008.

Shekelle dan Salim (2009) melaporkan bahwa survei mereka menemukan bukti dari T. tumpara hanya terdapat di dua tempat; di tepi danau air tawar kecil di ujung selatan ekstrim dari pulau itu, dan pada tebing curam di sepanjang jalan pantai timur. Ada laporan bahwa mereka masih dapat ditemukan tinggi pada sisi-sisi Gunung Karengetang, dekat kaldera.

Ancaman utama untuk takson ini adalah bahwa habitat dibatasi oleh pulau kecil dan vulkanik. Gunung berapi, Mt. Karengentang, aktif dan mendominasi lebih dari 50% dari jangkauan geografisnya. Ancaman ini diperparah oleh populasi manusia yang relatif besar (311 orang / km ²).

sebuah pulau kecil, gunung yang aktif, dan kepadatan penduduk yang tinggi manusia adalah yang paling meresahkan, bagaimanapun, adalah laporan yang kredibel bahwa sejumlah populasi manusia lokal teratur makan tarsius, sampai-sampai 5-10 hewan/penduduk.

Tarsius tumpara dianggap sebagai salah satu dari 25 di dunia primata paling terancam punah oleh IUCN Species Survival, Kelompok Spesialis Primata.

Ada beberapa penyelamatan yang dapat dilakukan :
1. Hentikan kebiasaan memakan primata ini.
2. Bangun tempat konservasi
3. Selamatkan beberapa spesies dari pulau itu, ditaruh kebun binatang mungkin.
4. Jaga habitat dan kurangi populasi manusia di sana.

Picture:











Archives

Facebook