Jumat, 17 Agustus 2012

Mobil mewah dengan nama mengandung unsur indonesia

Publik Indonesia merasa bangga ketika 16 februari lalu pabrikan mobil mewah asal jerman, porsche mengumumkan mobil suv baru mereka dengan nama "macan" . Dalam siaran persnya, porsche menyatakan nama "macan" diambil dari bahasa Indonesia.

Porsche "macan" yang masih menggunakan platform saudaranya, Audi Q5 ini rencananya akan diproduksi di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman pada tahun 2013 dan mulai dijual pada tahun 2014. Untuk proyek ini Porsche akan menginvestasikan 500 juta euro.




Selain Porsche Macan, Produsen mobil eksotis asal Italia juga pernah menggunakan nama asal Indonesia yakni Lamborghini Madura. Lamborghini Madura adalah desain Mahasiswa Munich University yang berkolaborasi dengan desainer Lamborghini dan Audi.

Madura diambil karena terkenal dengan budaya karapan sapi yang sesuai dengan karakter Lamborghini dan Logonya. Lamborghini Madura akan menjadi Hybrid pertama Lambo pada 2016



Jika kedua mobil tadi masih merupakan konsep, produsen asal Jepang, SUZUKI, telah memperkenalkan MPV anyar yang diberi nama Ertiga. Nama Ertiga itu sendiri diambil dari bahasa Indonesia. Eeeeehhh??

Ya, ketika masih konsep, mobil ini diberi nama RIII. Maksud dari RIII adalah Row (huruf R) dan III (jumlah baris kursi) sehingga kalau diartikan mobil dengan 3 baris tempat duduk. Sehingga kalau dibaca ke dalam bahasa Indonesia jelas akan berbunyi ERTIGA. Jelas suatu kehormatan, karena pada umumnya produk global biasa menggunakan bahasa Latin, Spanyol, Jepang dan lainnya.



Dibawah ini ada beberapa mobil yang menggunakan kata yang sering didengar dalam bahasa Indonesia

MASERATI MERAK




Merak di sini bukan salah satu spesies burung atau pelabuhan di Indonesia, tetapi nama rasi bintang Ursa Mayor, dikenal pada tahun 1972. 

OPEL ANTARA




Antar bukanlah kata Indonesia yang berarti jarak atau nama kantor berita Indonesia. tapi entahlah artinya apa Mobil ini memiliki banyak nama seperti Chevrolet Captiva Sport, Daewoo Winstorm Maxx, GMC Terrain, Holden Captiva, Saturn Vue

MASERATI KUBANG



SSANGYONG ISTANA



OPEL AMPERA

Archives

Facebook