Jumat, 17 Agustus 2012

Makanan yang Dianjurkan Menjelang Tidur

1. Kedelai


Kedelai adalah kacang-kacangan yang mengandung banyak protein dan kaya nutrisi, salah satunya sumber asam amino yang dikenal sebagai triptofan. Menurut National Sleep Foundation, triptofan dapat membantu mendorong kantuk dan menyediakan komponen yang berguna untuk camilan tidur.
2. Gandum utuh


Produk gandum utuh seperti roti gandum adalah karbohidrat kompleks, yang mengandung lebih banyak serat dan nutrisi serta dicerna lebih lambat dari makanan olahan. Karbohidrat kompleks membuat triptofan lebih mudah diakses di otak, menurut National Sleep Foundation. Selain roti gandum, Anda juga bisa mendapatkan karbohidrat kompleks dari beras merah nda oatmeal gandum.
3. Susu hangat rendah lemak

Produk susu, seperti susu rendah lemak, yoghurt dan keju, dapat mempromosikan relaksasi karena mengandung karbohidrat dan triptofan. Untuk alasan ini, laporan yang dipublikasikan dalam American Journal of Nursing pada 2007 merekomendasikan bahwa pasien yang kesulitan tidur dapat diberi susu hangat rendah lemak sebelum tidur.
4. Buah dan sayur

Buah dan sayuran merupakan sumber makanan antioksidan, yakni nutrisi yang meningkatkan kemampuan tubuh untuk melindungi diri dan pulih dari infeksi dan penyakit. Meningkatkan asupan makanan kaya antioksidan dapat membantu meminimalkan gejala-gejala terkait dengan insomnia, menurut University of Maryland Medical Center. Buah dan sayuran yang baik dimakan sebelum tidur adalah buah beri, ceri, jeruk, delima, sayuran hijau, kubis Brussel, brokoli, artichoke.

Archives

Facebook