Jumat, 17 Agustus 2012

Makanan yang sebaiknya dihindari sebelum tidur

1. Kafein


Kafein adalah stimulan yang mempengaruhi sistem saraf pusat dan jika dikonsumsi sebelum tidur, Anda mungkin merasa sangat sulit untuk tertidur, tergantung pada seberapa sensitif Anda dengan obat. Hindari kopi, teh, soda dan coklat sebelum tidur. 

2. Makanan pedas dan bawang putih 

Makanan pedas dan makanan yang mengandung bawang putih dapat berkontribusi pada heartburn (rasa panas pada dada) ketika dikonsumsi sebelum tidur, menurut Timothy Morgenthaler, MD. 

3. Keripik dan makanan asin


Makan keripik atau makanan asin sebelum tidur dapat membuat perut kembung sehingga membuat Anda lebih sulit untuk tidur. Selain itu, makanan asin juga menyebabkan Anda lebih sering ingin buang air kecil yang dapat mengganggu tidur. 

4. Kacang-kacangan 


Kacang-kacangan biasanya dianggap makanan sehat yang mengandung lemak tak jenuh dan protein. Namun kacang mengandung beberapa natrium, yang bisa dimakan sebelum tidur dapat menghambat kemampuan tubuh untuk tidur. Protein dan natrium bekerja dengan meningkatkan aktivitas otak, sehingga Anda tidak bisa cukup tenang untuk tidur. 

5. Makanan tinggi gula dan lemak 

Makanan yang tinggi gula dan lemak lebih sulit untuk dicerna tubuh, yang akhirnya membuat tidur tidak cukup nyaman. Gula juga dapat mengganggu siklus tidur karena menyebabkan ketidakseimbangan insulin dan memberikan ledakan energi.

Archives

Facebook