Senin, 08 Agustus 2011

Cara Bertamu yang baik


1. Datang Tepat Waktu

Jika kita sudah membuat janji dengan si empunya rumah, maka diharuskan kita untuk datang tepat waktu agar mereka tidak menunggu. Karena seseorang akan merasa bete dan sebal jika dia menunggu terlalu lama. Mungkin saja si Tuan Rumah ada janji lain tetapi harus dibatalkan karena menunggu kedatangan kita.


2. Sempatkan Membawa Oleh-oleh



Saat diperjalanan, sempatkanlah untuk membeli oleh-oleh tidak perlu mahal yang penting mereka senang. Oleh-oleh yang dibeli bisa berupa makanan, pakaian, dll. Memberi oleh-oleh juga bertujuan agar si Tuan Rumah memandang kita dengan pikiran yang positif dan baik. Selain itu juga oleh-oleh dapat membuat gembira mereka yang menerimanya karena itu membuktikan kalau kita peduli dengan mereka.


3. Bantu-bantu yang Punya Rumah

Kita harus paham jika kita saat kita menginap berarti kita juga menumpang dirumah kerabat atau teman jauh. Oleh karena itu, kita harus membantu si empunya rumah dalam urusan bersih-bersih. Biasanya si empunya rumah menolak jika kita menawarkan bantuan dengan alasan untuk membuat tamu merasa nyaman. Namun, kita harus tetap membantu mereka walaupun mereka menolak. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah kita tidak hanya ingin senang-senang saja disana.


4. Menjaga Kebersihan



Kebersihan merupakan hal utama yang perlu diperhatikan. Si Empunya Rumah sudah pasti tidak suka kalau rumahnya kotor apalagi jika kotor karena kita yang notabene adalah tamu. Maka dari itu, jagalah kebersihan diri kita agar Tuan Rumah senang kita menginap dirumahnya.


5. Jangan Lupa Minta Izin

Walaupun kita menginap dirumah kerabat atau teman dekat yang sudah kenal lama kita harus tau kalau kedudukan kita hanyalah sebagai tamu. Biasanya kan kalau kerabat kita pasti menyuruh kita untuk menganggap rumahnya sebagai rumah sendiri, tetapi jangan lupa juga kita harus meminta izin bila ingin menggunakan sesuatu dirumah itu.


6. Menawarkan Untuk Membayar atau Jasa

Untuk melepas kerinduan, biasanya kita akan makan malam atau jalan-jalan kesuatu tempat untk menjamu kita. Jangan segan-segan untuk menawarkan diri untuk membayar makanan atau belanjaan si Tuan Rumah. Hal ini untuk menghindari pikiran negatif si Tuan Rumah terhadap kita. Jika si Tuan Rumah menolak maka kita bisa membantunya membawakan belanjaannya ata barang-barangnya.


7. Beritahu Jadwal Anda

Kita biasanya sering memiliki acara lain dengan orang lain atau teman sepupu kita. Sperti misalnya kita ada janji untuk hangout sama teman-teman sepupu kita atau ingin belanja oleh-oleh sendiri, maka kita wajib memberi tau si Tuan Rumah agar mereka tidak menunggu sampai larut dan mengetaui kemana kita pergi. Hal ini dikarenakan saat menginap ditempat orang, berarti orang itu bertanggung jawab atas kita sepenuhnya.


8. Berpakaian Sopan

 

Jika kita terbiasa berpakaian yang urakan atau mini karen memang di Jakarta seperti itu. Maka saat kita menginap dirumah kerabat atau teman yang berada didaerah perdesaan kita harus merubah cara berpakaian kita agar terlihat rapi dan sopan. Hal ini untuk menjaga nama baik kerabat kita atau keluarga teman kita dari omongan negatif para tetangga.


9. Jangan Lupa Rapikan Tempat Tidur.



Mungkin kita jarang atau tidak pernah merapikan tempat tidur kita sendiri kalau dirumah karena ada si Mbok yang siap merapikannya. Tuan Rumah pasti akan langsung merapikan kasur yang kita tiduri, maka dari itu jangan membuat dia kesal karena kita malas. Walaupun dirumah tersebut ada si Mbok juga, tetapi kita tuga perlu tau diri dan merapikan tempat tidur saat kita bangun.


10. Jangan Menginap Terlalu Lama

Meskipun si Tuan Rumah menyuruh kita untuk tinggal lebih lama dan kita pun betah disana. kita harus tau kalau si Tuan Rumah memiliki rencana lain, jangan sampai karena kita kelamaan disana kita malah disindir-sindir olehnya.


11. Ucapkan Terima Kasih



Ini merupakan bagian terpenting loh!! Saat kita menginap dirumah orang otomatis kita pasti merepotkan mereka walaupun mereka tidak bilang atau tidk merasa seperti itu. Walaupun kita sangat akrab banget sama Tuan Rumah, kita harus mengucapkan terima kasih karena diperbolehkan menginap. Hal ini merupakan bentuk apresiasi kita terhadap si Tuan Rumah yang sudah menerima kita dirumahnya secara baik.






sumber : kaskus.us

Archives

Facebook